Saturday, January 14, 2017

Proyektor atau yang lebih familiar dengan nama Infocus (Infocus sebenarnya adalah salah satu merek proyektor) merupakan sebuah media andalan dalam proses belajar-mengajar. Baik itu di tingkat sekolah menengah atau pun perguruan tinggi. Bahkan sudah ada sekolah dasar yang sudah menggunakan proyektor sebagai media pembelajaran. 

Namun sering dijumpai di lapangan, masih banyak yang mengalami masalah berupa tidak bisa mengkoneksikan antara laptop dan proyektor, padahal kabelnya sudah tersambung dengan benar. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bisa tersambung ke proyektor/infocus tersebut?

Dalam dunia medis dikenal istilah untuk menyembuhkan suatu peyakit maka tangani penyebabnya. Hal ini juga berlaku di dunia digital. Jika penyakitnya adalah laptop tidak bisa koneksi ke proyektor, maka hal ini dapat terjadi karena dua penyebab yaitu:
1. Kabel Proyektor yang Rusak
2. Setting di Laptop yang kurang tepat
Kita asumsikan kita telah menyingkirkan masalah nomor pertama. Artinya tidak ada masalah pada kabel proyektornya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah yang kedua? Simak tutorial singkat dibawah ini!

Pertama: Gunakan Tombol Windows dan P
Pastikan kabel proyektor sudah tersambung ke laptop. Tekan tombol windows dan tahan, kemudian tekan tombol "P" pada keyboard. Cara ini dapat digunakan pada Windows jenis apapun, baik itu Windows XP, Windows 7, Windows 8, bahkan Windows seri terkahir yaitu Windows 10. Dalam tutorial ini saya menggunakan Windows 7 Professional. 
Jika kamu melakukan instruksi tersebut dengan benar maka di layar monitor laptop kamu akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Terakhir: Pilih Duplicate
Jika kamu menakan "Tombol Windows + P" dengan benar, maka akan muncul pilihan Computer Only, Duplicate, Extend, dan Projector Only.
Pilih saja menu "Duplicate" dan ... masalah selesai. Laptop kamu sudah tersambung ke proyektor dengan baik.

Lalu apa yang terjadi jika saya memilih Computer Only, Extend, atau Projector Only?
Computer Only adalah menu yang berfungsi untuk memutuskan koneksi antara laptop dan proyektor. Lain halnya dengan Extend. Dengan menu extend, kamu dapat menampilkan sebuah file (video, power point, word, dsb) di layar proyektor sambilan mengetik atau mengerjakan sesuatu di laptop. Singkatnya, apa yang ditampilkan di layar proyketor akan berbeda dengan apa yang kamu lihat di layar laptop. Nah sementara jika kamu memilih menu Projetor Only, secara otomatis layar laptop kamu akan gelap namun layar proyektor tetap menampilkan file yang dibuka/dijalankan pada laptop.
Nah, paparan di atas merupakan cara singkat untuk mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi ke proyektor. Mudah bukan?



Ditulis oleh:
Rendi Artanto




Iklan:
Butuh jasa desain grafis?
 

0 comments:

Post a Comment